Kejahatan Di Internet

Kang Agus dikagetkan dengan SMS dari layanan Google Mail, sontak seketika login ke email. Ternyata akun email utama tidak ada masalah, login lancar dan tidak ada hal-hal yang mencurigakan. Kang Agus coba login di akun Gmail yang lain, sama tidak ada masalah. Tapi ternyata di akun satunya lagi, inilah yang bermasalah, tidak bisa login. Wow ada apa gerangan, sehingga Kang Agus terpaksa untuk reset password dan itulah cara yang dianjurkan. Alhamdulillah masih bisa diselamatkan meskipun tidak ada data-data penting di email tapi akan sangat berdampak buruk jika ternyata email kita disusup orang lain. Apalagi Kang Agus, akun yang satu berkaitan dengan akun yang lain tapi itu juga merupakan strategi agar keamanannya berlapis. Yang satu ada indikasi terinpeksi, secara otomatis memberitahukan ke email yang lain dan bahkan ke SMS handphone.


Oleh sebab itu Kang Agus tertarik untuk berbagi mengenai kejahatan-kejahatan apa saja yang mungkin terjadi di Internet atau sering dikenal dengan istilah Cyber Crime. Dengan harapan bisa terhindar dari hal-hal demikian.


  • HACKING, adalah kegiatan menerobos program komputer milik orang lain. Hacker adalah orang yang gemar ngoprek komputer, memiliki keahlian membuat dan membaca program tertentu, dan terobsesi mengamati keamanannya. Hacker ada 2, hacker white dan hacker black.
  • CRACKING, adalah hacking untuk tujuan jahat. Sebutan untuk cracker adalah hacker bertopi hitam (black hat hacker). Berbeda dengan carder yang hanya mengintip kartu kredit, cracker mengintip simpanan para nasabah di berbagai bank atau pusat data sensitif lainnya untuk keuntungan diri sendiri. Meski sama-sama menerobos keamanan komputer orang lain, hacker lebih fokus pada prosesnya. Sedangkan cracker lebih fokus untuk menikmati hasilnya.
  • DEFACING, adalah kegiatan mengubah halaman situs atau website pihak lain. Tindakan deface ada yang semata-mata iseng, unjuk kebolehan, pamer kemampuan membuat program, tapi ada juga yang jahat, untuk mencuri data dan dijual kepada pihak lain.
  • PHISING, adalah kegiatan memancing pemakai komputer di internet (user) agar mau memberikan informasi data diri pemakai (username) dan kata sandinya (password) pada suatu website yang sudah dideface. Phising biasanya diarahkan kepada pengguna online banking. Isian data pemakai dan password yang vital yang telah dikirim akhirnya akan menjadi milik penjahat tersebut dan digunakan untuk belanja dengan kartu kredit atau uang rekening milik korbannya.
  • SPAMMING, dalah pengiriman berita atau iklan lewat surat elektronik (e-mail) yang tak dikehendaki. Spam sering disebut juga sebagai bulk email atau junk e-mail alias “sampah”.  
  • MALWARE, adalah program komputer yang mencari kelemahan dari suatu software. Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating system. Malware terdiri dari berbagai macam, seperti virus, worm, trojan horse, adware atau bahkan browser hijacker.
  • CARDING, yaitu berbelanja menggunakan nomor dan identitas kartu kredit orang lain, yang diperoleh secara ilegal, biasanya dengan mencuri data di internet. Sebutan pelakunya adalah Carder. 

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Kejahatan Di Internet"

  1. kalau Ddoss attack website,. masi kejahatan internet bukan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. apapun jenisnya kalo membuat rugi orang lain jelas crime, serangan DDOS bisa membuat server down :(

      Delete

Berkomentarlah dengan bijak!